Mar 6, 2014

Ketika Seseorang Mulai Berubah


hi, my dearest pageviewers!<3 i miss ya so bad :( hehehe maaf aku baru ngepost lagi:p tapi kangen ga? aku kangen kalian deh.....yang jomblo aja tapi, yang udah punya pacar engga, kan udah ada yang ngangenin. hiks..
by the way jangan lupa baca postingan ini sampe abis walaupun panjang banget gitu. soalnya kamu insyaallah engga bakal nyesel deh:)))))))))) luv ya!

perubahan. iya. berubah itu hak semua orang, terserah dia mau berubah kayamana. ke arah baik atau buruk. itu urusan kepribadian masing-masing.
kalo ngomongin perubahan, aku kadang suka nyesek gitu. karena, honestly, aku gasuka banget ngerasa ada orang yang berubah sikapnya ke aku. apalagi dia itu termasuk temen baik atau sahabat aku atau mantan atau gebetan atau mantan gebetan atau mantan calon gebetan atau calon pacar wkwk pokoknya orang yang aku sayang deh.
kalian ngerasa gitu juga engga? yaaaaaaaaa jawab dalem hati masing-masing aja yeaaa.
berubah itu bukan power ranger doang kok yang bisa, semua orang juga bisa berubah. semisal, yang tadinya perhatian terus sekarang jadi jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuh lebiiiiiiiiiiiiiih cuek gitukan. uhuk. aku benci banget tuh yang kayagitu. atau yang tadinya akrab banget jadi kaya orang asing, sumpah gasuka banget lah yang kaya begituan<////3
kenapa aku gasuka?
mungkin, karena faktor jumlah temen deket atau sahabat akutuh lumayan ga banyak, kan ga semua orang tahan deket-deket sama aku. hiks. karena jarang-jarang ada temen yang bener-bener bertahan untuk aku. terus selain karena faktor jumlah, aku juga takut orang-orang yang aku sayang berubah. Yatentuuuuu karena aku takut kehilangan mereka dong +takut kesepian juga:( semua orang juga pernah kan ngerasa takut kehilangan dan kesepian bukan cuma aku doang, hayoooo ngakuuuu:”)))) itu manusiawi yakali.

dan, menurut aku ngerasain seseorang berubah itu rasanya GA ENAKKKKKK BANGEETTTTTT kan??????????????? siapadeh yang setujuuu?!!!
ketika seseorang berubah, misalnya yang tadinya deket terus sekarang jadi ngejauh dari kita atau tadinya dia perhatian sama kita tapi sekarang udah cuek dan engga peduli lagi sama kita, pasti sebagian besar dari kita bisa ngerasain itu. dan ketika kita ngerasain itu, rasanya sakit banget. inget betapa deketnya kita sama dia, terus tiba-tiba dia jauh gitu aja.. nyesek.. pait.. asem kaya ketek engga dikasih deodorant..
aku sering banget ngerasain seseorang yang sikapnya berubah sama aku.. dan itu ngebuat aku jadi kaya ketakutan sendiri. mungkin orang-orang yang berubah sikapnya ke aku itu punya alasan sendiri kenapa mereka berubah.
aku emang bukan peramal, aku cuma manusia biasa yang bisanya ngomong salah-salah, bersikap juga kadang salah. karena yang bener itu cuma Allah SWT. (makasyiiii rohis azga uda ngasih aku kata-kata aga bagusan ini hihi), sampe muka aku aja kayanya salah mulu.. entah apaya..pasti tiap pagi ada aja bedak yang belepotan di muka aku seakan-akan bedak pupur itu engga ridho banget nempel di muka aku.. jahat kan? hmmm lebih jahat doi yang uda buat aku nyesek terus kok:’) hehehehe oke ini ngelantur banget. fokus dong ah!!!!! back to the topic deh ya:)))) okay, ini analisis aku kenapa seseorang berubah:
mungkin karena kita ngelakuin kesalahan. beberapa kesalahan dilakuin dengan engga sadar atau bisa juga dengan engga sepengetahuan kita. misalnya menurut kita, kita udah ngelakuin hal baik, tapi belum tentu menurut orang lain bener kan, bisa aja kita melukai dia. hiks hiks.. nah bisa jadi karena kesalahan kita yang ‘engga keliatan’ sama kita itu mangkanya seseorang ngerubah sikapnya ke kita:’) mungkin dia pengen kita sadar sendiri, seakan-akan kita ini peramal.
nah, tips dari aku kalo ada seseorang (siapapun itu) yang berubah sikapnya ke kamu dari biasanya, cobadeh ditanyain baik-baik salah kamu apa dan jangan nyolot. ga mungkin kan engga apa-apa, pasti ada apa-apa. dan harus tetep jangan emosi, masalah bukannya selesai dia malah makin enek sama kamu. hehehehe dan jangan lupa minta maaf kalo udah tau salahnya apa ya:))))

bosen
bosen? maksudnya apayah ra? nah ini! ada kan beberapa orang yang bosenan banget. dia yang berubah sikapnya, mungkin udah bosen deket-deket sama kita. mungkin kitanya bau ketek kaliya:’))) atau mungkin bisa jadi juga, bosen cuma alibi dia doang supaya bisa ngejauh? yagatau tanya sama orangnya jangan sama aku, kan gabole suudzon!!!!!!!!!!!!!;)

we’re not good enough for them
kita kurang baik kaliya untuk mereka, mangkanya mereka berubah dan ngejauh dari kita. kita pokoknya kurang deh. nyesek sebenernya kalo kita sadar kita dijauhin atau ada orang yang berubah sikapnya ke kita. tapi mau marah pun kayanya percuma, dan cuma bisa pasrah deh sama keadaan. karena, minta maaf aja engga bisa balikin mereka balik lagi kaya ‘dulu’ :’)


TAPI GUYS!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! ada juga loh berubah yang baik. yaitu berubah jadi dewasa.
kedengerannya enak banget ya kalo nyebut-nyebut dewasa. hehehehe nih aku kasih contoh: si cewe galauin cowo di awal, dia uring-uringan mulu pokoknya, tapi lama kelamaan dia sadar galau itu engga berguna, jadi dia engga galau lagi deh. nah, dia juga sadar nih kalo Tuhan selalu sama dia, jadi dia engga ada waktu lagi buat galau.
jadi, diinget yah, perubahan menuju kedewasaan itu harus dihargain:')
yang engga baik tuh kalo tiba-tiba ngejauh dari gebetan yang udah kamu kasih harepan setinggi langit. itu tandanya kamu jahat. hehehehehe maaf dong engga nyindir kok :V
tapi, coba deh renungin, kamu-kamu yang pegi gitu aja setelah ngasih harepan: gimana perasaan dia yang kamu tinggalin itu? gimana hatinya yang udah kamu ajak terbang terus kamu jungkirin ke jalan yang baru diaspal. coba pikirin.. gimana sedihnya dia?:") coba kamu pikirin, apa dia nangis? apa dia sakit? apa senyum dia itu bener-bener senyum atau cuma biar keliatan bahagia? coba kamu renungin.. tanya yah hati kamu.. karena di-tinggalin-pegi-gitu-aja-in itu pait loh, seriously..:")))))

dan sekali lagi, seseorang yang mulai berubah itu sesungguhnya suatu proses.. proses dia belajar ngambil keputusan. emang kadang, bawaannya pengen nyumpahin jatoh dari atas fly over aja kalo ada orang yang tiba-tiba berubah sikapnya ke aku, tapi sekali lagi dan lagi..hargain berubahnya dia. ambil hikmahnya jangan ambil sedihnya. tapi, jujur ajayah, untuk ngambil hikmahnya itu susah banget:')


well......................................
mangkanya, jangan sia-siain perhatian atau kedekatan kita sama seseorang. sejelek, sebego, seidiot, seitem, seaneh -nya orang yang ngasih kamu perhatian dan deketin kamu, kalo kamu sia-siain dia juga bakal capek yakali dan ogah merhatiin kamu lagi. jadi, selagi masih ada yang ngasih kamu perhatian, walaupun kamu engga suka sama dia, dicoba untuk ngehargain dia yah dan jangan lupa untuk bilang 'makasih'. TAPI.. jangan manfaatin perhatian itu untuk bikin kamu ngerasa engga kesepian yah.. dan ngasih dia harapan kosong. kalo dia bikin kamu nyaman, ya kenapa engga diterusin? :) kalo kamu anggep dia cuma temen ya perlakuin dia sewajarnya temen biasa tanpa ngasih dia harepan. bersyukur masih ada yang merhatiin kamu, sebelum dia ngejauh dan pergi, nanti kamu pasti bakal ngerasa kangen dan kehilangan! :") kamu bakal coba cari-cari dia lagi, tapi dia udah engga seperhatian dulu. jangan sedih, semua orang kan pernah nyia-nyiain kesempatan. tinggal gimana cara kita belajar dari situ; jangan lagi nyia-nyiain kesempatan untuk orang-orang yang pantes buat kita hargain:)))))))))))))))

kalian-kalian yang udah berubah sikapnya ke aku:


DAN................................
untuk 1 orang disana..aku tau kamu tau ini buat kamu. hal terakhir:


hi, A... apa kabar? aku lagi nangis pas nulis ini, kalo aja kamu mau tau, tapi mungkin kamu engga mau tau dan ini engga penting buat kamu tau. ini tangisan aku yang kesekian kalinya karena kamu,tapi mungkin itu juga engga penting sih buat kamu..
aku? aku engga baik-baik aja kalo kamu tanya gimana perasaan aku sekarang.
aku masih jadi satu-satunya orang yang selalu pengen tau gimana kabar kamu. selalu mikirin kamu walaupun aku udah hampir engga pernah mau peduli lagi.

tapi, kalo kamu tanya aku sekarang gimana perasaan aku ke kamu, aku bakal jawab: masih sama kaya 9 bulan yang lalu. engga pernah berubah.
kamu? yang aku tau, kamu yang sekarang udah banyak banget berubah. kamu sekarang udah gaul hits abis hahahaha aku jadi minder deket sama kamu.
tapi bukan itu, beberapa minggu yang lalu kamu berubah. jadi jauh. berhenti peduli. dan engga mikirin aku lagi yakan? bahkan kamu udah engga pernah mau tau tentang aku.

kadang, aku selalu mikir apa kamu mikirin aku, setiap kali aku nanya itu, aku mikir lagi, aku liat hp lagi, engga ada satupun sms dari kamu yang masuk. kamu berhenti berusaha disaat yang sama saat aku berjuang mati-matian. kadang, aku ngerasa kamu engga adil. tapi, aku ngaca, aku emang bukan orang pantes buat kamu perjuangin. jadi, aku cuma bisa bersyukur setidaknya kamu pernah berjuang sebelum ini. makasih..


aku bersyukur juga, aku ketemu kamu..
pernah bikin aku bisa ngerasain rasanya semangat sekolah cuma untuk ngeliat kamu dari kamu senyum sampe kamu bete. mungkin kalo bukan kamu, rasanya bakal beda.
makasiyah..
aku bersyukur itu kamu, bukan orang lain:')

kamu tau? kenapa aku engga pernah nyerah sampe sekarang karena 1 bait tulisan kamu di binder aku. kayagini:
gw bukan mau ngasih harapan kosong doang ke lo. gw bukan cuma mau lo nungguin gw. ada hal yang gak lo ngerti dan gak bisa gw jelasin. tapi pasti nanti gw bakal minta lo untuk balik lagi ke gw.
setiap aku pengen nyerah, aku baca tulisan itu berulang-ulang sampe aku nangis berulang-ulang juga.
kamu tau? aku selalu percaya kata-kata itu. aku selalu percaya semua kata-kata kamu. aku selalu percaya kamu bakal balik lagi. tapi kenyataannya engga nunjukin 1 jalan pun yang bisa kamu lewatin untuk balik lagi. kamu di jalan yang bikin aku sama kamu jadi jauh. dan buat balik lagi ke aku itu kayanya engga mungkin.
sekarang, aku bahkan ragu kamu nulis itu cuma untuk bikin aku seneng sementara atau emang kamu bakal tepatin itu. aku ragu. sekarang, aku selalu ragu. aku takut berharap. aku takut mau terlalu berharap lagi dari kata-kata itu.

aku kangen kamu.
tapi sayangnya: kangen itu engga berbalas.

makasi.. pernah biarin nama aku ada di hati kamu walaupun engga lama. makasi banyak.. walaupun engga pernah cukup.

aku selalu engga bisa sehari aja engga tau kabar kamu. semoga aja kamu selalu baik-baik aja.
aku engga pernah bener-bener marah sama kamu.

kalo nanti aku udah engga ada lagi buat kamu, jangan tanya aku lagi dimana dan kemana.
dimana: coba kamu tanya hati kamu, aku masih ada disana atau engga? kalo engga, kamu tanya diri kamu sendiri kenapa aku bisa-bisa tiba hilang dari sana? aku engga tau, cuma kamu yang tau.
kemana: coba kamu tanya hati kamu lagi, kenapa aku bisa pergi?

ada satu hal yang bikin aku yakin kamu engga bakal balik lagi yang engga bisa aku tulis disini, aku sedih banget jujur aja. tapi aku emang bisa apa kalo emang kamu engga bisa balik ke aku?
aku bukan siapa-siapa.


tapi, semoga ke-bukan-siapa-siapa-an aku ini bikin kamu sadar kalo kadang orang yang bukan siapa-siapa itu malah lebih berarti.

dan..
maafin semua orang yang pernah bilang "udasih far, jangan sama dia.." atau "udasih far ngapain mikirin dia nangisin dia, emang dia mikirin lo? jomblo luuu!" atau "yaallah far, cuma dia doang lo sampe segininya?"

dan..
makasi sherly yang pernah bilang "sayang banget sama a... ya ra? iri liat perjuangan kamu, sampe segininya banget loh:')" yang bikin aku ngerasa perjuangan aku dihargain.

makasi buat kalian semua yang udah mau baca ini.

selamat malam jumat.


17 comments:

  1. we’re not good enough for them
    kita kurang baik kaliya untuk mereka, mangkanya mereka berubah dan ngejauh dari kita. kita pokoknya kurang deh. nyesek sebenernya kalo kita sadar kita dijauhin atau ada orang yang berubah sikapnya ke kita. tapi mau marah pun kayanya percuma, dan cuma bisa pasrah deh sama keadaan. karena, minta maaf aja engga bisa balikin mereka balik lagi kaya ‘dulu’ :’) <----- Itu yg gua alamin skrg :') *eh ngikut kebawa suansana

    ReplyDelete
  2. Wahh sama banget apa yang ak alami sekarang :'). keren

    ReplyDelete
  3. Terkadang, perubahan itu bisa membawa kebaikan. Tapi juga keburukan. Apalagi kalau perubahan itu terjadi di saat kita (memang) belum siap untuk menerima perubahan itu. Misalnya, gebetan yang tiba-tiba ngilang pas kita lagi deket-deketnya :")

    ReplyDelete
  4. Ketika dia berubah, tapi dia ga menyadari klo dia berubah..ketika kita tanya..kamu koq berubah..dia jawab : nggak koq..aku cuma lagi ada beberapa hal aja yang lagi dikerjain..maaf ya..!!! #dia pergi dengan chat terakhirnya di hp gw..dan mulai cuek ga kaya biasanya..perhatiannya hilang..jawab chat sesuka hatinya klo sempet..padahal gw disini khawatir klo dia ga kasih kabar..gw butuh penyemangat..tp klo dia berubah kaya gini..apalagi yang bisa gw lakuin..#maafcurhat

    ReplyDelete
  5. Hampir sama kayak yang gw rasain sekarang :')
    Dan bukan hanya 1, tapi 2 orang yang gw sayang. Sahabat dan orang yang bikin gw nyaman
    Sampe sekarang gw gatau kenapa, gw juga udah nanya sama diri sendiri ke temen2 juga, apa gw yang berubah? apa gw ada salah? tapi mereka bilang kalo doi dan sahabat gw yang berubah
    Mereka yang ngisi hari2 gw dari awal kuliah. gw ga tau harus ngapain, cuma bisa nunggu mereka berdua ngomong. Gw bukan ga mau nyoba nanya baik2 ke mereka, tapi itu udah gwe lakuin dan ga cuma sekali.
    Tapi, perubahan yang bikin gw nyesek itu "sahabat" Karena dia yang slalu ada buat gw

    ReplyDelete
  6. Sama apa yg gw rasain :-(
    Orang yang gw sayang sekarang mulai berubah seakan pengen ninggalin gw.

    Andai waktu bisa diputar. :-(

    ReplyDelete
  7. Aku jg sedih, aku difitnah teman2 hanya supaya sahabatku yg mrpkan cowok terpopuler di kampus, mau gabung lg dgn yg lainnya. Dan bodohnya dia percaya aja sm fitnah itu. Padahal kita sudah bbrp tahun ini dekat banget sampai dia agak menjauh dari yg lainnya (bukan aku yg suru menjauh tp dia sendiri yg mau) . Kini dia jd super populer dengan byk teman disampingnya. Tp kami malah jadi spt orang asing yg mau dia jauhi. Salah apa aku ? Fitnah itu tidak benar dan dia percaya... kemana pikirannya selama bbrp tahun yg lalu itu, kok seperti tidak mengenal siapa aku yang dulu tiap waktu selalu bersama ;( Aku cuma bisa berdoa semoga suatu hari dia tau siapa sahabat yg paling tulus buat dia...

    ReplyDelete
  8. Aku jg sedih, aku difitnah teman2 hanya supaya sahabatku yg mrpkan cowok terpopuler di kampus, mau gabung lg dgn yg lainnya. Dan bodohnya dia percaya aja sm fitnah itu. Padahal kita sudah bbrp tahun ini dekat banget sampai dia agak menjauh dari yg lainnya (bukan aku yg suru menjauh tp dia sendiri yg mau) . Kini dia jd super populer dengan byk teman disampingnya. Tp kami malah jadi spt orang asing yg mau dia jauhi. Salah apa aku ? Fitnah itu tidak benar dan dia percaya... kemana pikirannya selama bbrp tahun yg lalu itu, kok seperti tidak mengenal siapa aku yang dulu tiap waktu selalu bersama ;( Aku cuma bisa berdoa semoga suatu hari dia tau siapa sahabat yg paling tulus buat dia...

    ReplyDelete
  9. Utk menyelamatkan dari orang yg salah, kdg Allah mematahkan hati kita dari pengharapan kpd tuh org demi kebaikan kita sendiri guys...
    Aq jg knds kyk gini... tp yaudahlah ikhlasin aja tnpa hrs membenci nya... waktu telah menjawab org itu lah yg tidak berkualias di hidup kita, bukan sebaliknya.

    ReplyDelete
  10. Ceritany mirip sama yg pernah kualami ,jadi sedih nih :'(

    ReplyDelete
  11. Aku juga lagi ngerasain orang yg selama ini care, bikin hidupku berwarna tiba2 cuek sm aku. Papasan ky orang yg gak kenal. Padahal dlu klo ketemu dya pasti ngisengin aku ati tanya apa kek ke aku. Tapi ini lagi bnr2 cuek n dingin. Aku udh deketin dya, tp respon'a gak anggel aku ada. Terakhir chat sih biasa aja, tp ky aku yg mancing pembicaraan. Pdhl dlu dya gak ky gini.
    Aku bingung mw gmn bersikap ke dya?
    Serba salah .
    Aku capek dng sikap dingin n cueknya dya. Tapi aku sadar aku bukan siapa2 yg berhak buat protes.
    Kaya ngerasa ada yg hilang dr hidupku, bahkan ketika ada orng lain bercandaan sm aku rasanya beda.
    Aku kangen km yg dlu.
    #psikologikesasar #bigboss

    ReplyDelete
  12. ceritanya sama apa yang aku rasain sekarang .... jadi bapeeeer

    ReplyDelete
  13. Aku juga lagi ngalamin ini. Tiba-tiba 4 orang sekaligus berubah dalam kehidupan aku dalam rentang waktu 6 bulan ini. Pertama, orang yang aku bela2in nganter..ngejemput dia.. curhat ttg apapun, eh dia ninggalin aku demi ngejar prestasi di kampusnya. Kedua, mantan. Entahlah, seharusnya apakah mantan ini memang harus jadi musuh? Enggak kan? Apalagi putusnya cuma karena hal sepele. Ketiga, mantan sahabat yang sekarang jadian sama mantan sendiri. Sampe skrg masih nggak habis pikir, kenapa sih bisa gini? Orang-orang yang kita bela2in banget malah pergi ninggalin kita. Demi orang yang baru dia kenal dan demi cinta. Ya, emang sih cinta itu buta, tapi kenapa sih jadi gini -.- masih ga habis pikir.

    Nah.. ini.. ini yang bikin galau abis.
    Gebetan.
    Jadi, 3 hari setelah putus, mantan aku udah deket sama mantan sahabat aku ini. Yaudahlah, sepet. Terus 2 minggu setelah kegalauanku, tiba-tiba muncullah seseorang yang mewarnai hariku, sesaat. Mari kita panggil dia pelangi. Yang muncul hanya sesaat, tapi hilang waktu udah bosen.

    Jadi, gebetan aku ini perhatian banget, aku ngerasa seneng banget ada dia di hidup aku. Kayak dia bisa nutupin rasa sakit di hati aku yang kelam ini. Akhirnya setelah sebulan deket, dia bilang kalo dia nyaman sama aku dan masih butuh waktu buat memantapkan hati kita masing2. Bodohnya, aku percaya. Jadi aku bales perasaan dia, kita mulai saling merhatiin satu sama lain. Yaudah ngalir aja gitu. Eh ini udah 2 bulan deket.. dan dia semakin berubah.... dan skrg kita udah nggak chat-an lagi.... terimakasih buat 2,5 bulannya ya :) terimakasih udah digantungin.. udah dibawa terbang terus dijerumuskan gitu aja.. aku masih disini kok kalo kamu butuh temen curhat :') makasih

    maaf ya temen2 jadi curhat :D
    sekalian biar lega ini hahaha

    "Jangan khawatir, Tuhan akan selalu memperhitungkan air mata kita. Percaya akan ada hal yang lebih baik setelah ini. Yang perlu kita lakukan adalah jangan berlama2 terjelembab dalam lembah kegalauan. Harus bangkit! Dan mulai keluar dari zona nyaman."
    God bless you!

    ReplyDelete
  14. http://beritataipanqqinfo.blogspot.sg/2017/11/usung-bodi-ala-iphone-x-inikah-iphone.html
    http://beritataipanqqinfo.blogspot.sg/2017/11/smalling-lini-depan-mu-mengerikan.html
    http://beritataipanqqinfo.blogspot.sg/2017/11/menolak-mengungsi-walau-dihujani-abu.html


    TAIPANQQ .INFO | TAIPANQQ .ORG
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • Whatsapp: +62 813 8217 0873
    • BBM : D60E4A61
    • BBM : 2B3D83BE

    ReplyDelete
  15. Yang paling bikin sakit itu pas dia ada masalah dan dia ngelampiasin itu ke gue. Ditanya "kamu kenapa?" Jawabnya "gapapa", "kamu kok berubah?" Jawabnya "aku ga berubah kok" tapi sifatnya cuek banget ga kayak biasanya. Pas akhirnya gue ngambek karna terlalu capek dicuekin dia baru bilang kalo ada yang dipikirin terus minta maaf. Tapi besoknya dia tetep cuek sampe sekarang, perhatiannya ilang dan gue ga bisa protes karna chat gue dia bales pun untung"an, bodoh ya.

    ReplyDelete
  16. Dear cowok, jangan karna kamu ngerasa disukai banget sama cewek kamu bisa jadi bersikap seenaknya. Jangan sampe punya pikiran "ah dia kan suka banget sama gue, gue perlakuin dia sesuka hati dia juga bakalan tetep suka" kami tidak sekuat itu, yang gigih berjuangpun jika tidak dihargai lama-lama akan sadar diri dan pelan-pelan berhenti berjuang.

    ReplyDelete

Mar 6, 2014

Ketika Seseorang Mulai Berubah


hi, my dearest pageviewers!<3 i miss ya so bad :( hehehe maaf aku baru ngepost lagi:p tapi kangen ga? aku kangen kalian deh.....yang jomblo aja tapi, yang udah punya pacar engga, kan udah ada yang ngangenin. hiks..
by the way jangan lupa baca postingan ini sampe abis walaupun panjang banget gitu. soalnya kamu insyaallah engga bakal nyesel deh:)))))))))) luv ya!

perubahan. iya. berubah itu hak semua orang, terserah dia mau berubah kayamana. ke arah baik atau buruk. itu urusan kepribadian masing-masing.
kalo ngomongin perubahan, aku kadang suka nyesek gitu. karena, honestly, aku gasuka banget ngerasa ada orang yang berubah sikapnya ke aku. apalagi dia itu termasuk temen baik atau sahabat aku atau mantan atau gebetan atau mantan gebetan atau mantan calon gebetan atau calon pacar wkwk pokoknya orang yang aku sayang deh.
kalian ngerasa gitu juga engga? yaaaaaaaaa jawab dalem hati masing-masing aja yeaaa.
berubah itu bukan power ranger doang kok yang bisa, semua orang juga bisa berubah. semisal, yang tadinya perhatian terus sekarang jadi jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuh lebiiiiiiiiiiiiiih cuek gitukan. uhuk. aku benci banget tuh yang kayagitu. atau yang tadinya akrab banget jadi kaya orang asing, sumpah gasuka banget lah yang kaya begituan<////3
kenapa aku gasuka?
mungkin, karena faktor jumlah temen deket atau sahabat akutuh lumayan ga banyak, kan ga semua orang tahan deket-deket sama aku. hiks. karena jarang-jarang ada temen yang bener-bener bertahan untuk aku. terus selain karena faktor jumlah, aku juga takut orang-orang yang aku sayang berubah. Yatentuuuuu karena aku takut kehilangan mereka dong +takut kesepian juga:( semua orang juga pernah kan ngerasa takut kehilangan dan kesepian bukan cuma aku doang, hayoooo ngakuuuu:”)))) itu manusiawi yakali.

dan, menurut aku ngerasain seseorang berubah itu rasanya GA ENAKKKKKK BANGEETTTTTT kan??????????????? siapadeh yang setujuuu?!!!
ketika seseorang berubah, misalnya yang tadinya deket terus sekarang jadi ngejauh dari kita atau tadinya dia perhatian sama kita tapi sekarang udah cuek dan engga peduli lagi sama kita, pasti sebagian besar dari kita bisa ngerasain itu. dan ketika kita ngerasain itu, rasanya sakit banget. inget betapa deketnya kita sama dia, terus tiba-tiba dia jauh gitu aja.. nyesek.. pait.. asem kaya ketek engga dikasih deodorant..
aku sering banget ngerasain seseorang yang sikapnya berubah sama aku.. dan itu ngebuat aku jadi kaya ketakutan sendiri. mungkin orang-orang yang berubah sikapnya ke aku itu punya alasan sendiri kenapa mereka berubah.
aku emang bukan peramal, aku cuma manusia biasa yang bisanya ngomong salah-salah, bersikap juga kadang salah. karena yang bener itu cuma Allah SWT. (makasyiiii rohis azga uda ngasih aku kata-kata aga bagusan ini hihi), sampe muka aku aja kayanya salah mulu.. entah apaya..pasti tiap pagi ada aja bedak yang belepotan di muka aku seakan-akan bedak pupur itu engga ridho banget nempel di muka aku.. jahat kan? hmmm lebih jahat doi yang uda buat aku nyesek terus kok:’) hehehehe oke ini ngelantur banget. fokus dong ah!!!!! back to the topic deh ya:)))) okay, ini analisis aku kenapa seseorang berubah:
mungkin karena kita ngelakuin kesalahan. beberapa kesalahan dilakuin dengan engga sadar atau bisa juga dengan engga sepengetahuan kita. misalnya menurut kita, kita udah ngelakuin hal baik, tapi belum tentu menurut orang lain bener kan, bisa aja kita melukai dia. hiks hiks.. nah bisa jadi karena kesalahan kita yang ‘engga keliatan’ sama kita itu mangkanya seseorang ngerubah sikapnya ke kita:’) mungkin dia pengen kita sadar sendiri, seakan-akan kita ini peramal.
nah, tips dari aku kalo ada seseorang (siapapun itu) yang berubah sikapnya ke kamu dari biasanya, cobadeh ditanyain baik-baik salah kamu apa dan jangan nyolot. ga mungkin kan engga apa-apa, pasti ada apa-apa. dan harus tetep jangan emosi, masalah bukannya selesai dia malah makin enek sama kamu. hehehehe dan jangan lupa minta maaf kalo udah tau salahnya apa ya:))))

bosen
bosen? maksudnya apayah ra? nah ini! ada kan beberapa orang yang bosenan banget. dia yang berubah sikapnya, mungkin udah bosen deket-deket sama kita. mungkin kitanya bau ketek kaliya:’))) atau mungkin bisa jadi juga, bosen cuma alibi dia doang supaya bisa ngejauh? yagatau tanya sama orangnya jangan sama aku, kan gabole suudzon!!!!!!!!!!!!!;)

we’re not good enough for them
kita kurang baik kaliya untuk mereka, mangkanya mereka berubah dan ngejauh dari kita. kita pokoknya kurang deh. nyesek sebenernya kalo kita sadar kita dijauhin atau ada orang yang berubah sikapnya ke kita. tapi mau marah pun kayanya percuma, dan cuma bisa pasrah deh sama keadaan. karena, minta maaf aja engga bisa balikin mereka balik lagi kaya ‘dulu’ :’)


TAPI GUYS!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! ada juga loh berubah yang baik. yaitu berubah jadi dewasa.
kedengerannya enak banget ya kalo nyebut-nyebut dewasa. hehehehe nih aku kasih contoh: si cewe galauin cowo di awal, dia uring-uringan mulu pokoknya, tapi lama kelamaan dia sadar galau itu engga berguna, jadi dia engga galau lagi deh. nah, dia juga sadar nih kalo Tuhan selalu sama dia, jadi dia engga ada waktu lagi buat galau.
jadi, diinget yah, perubahan menuju kedewasaan itu harus dihargain:')
yang engga baik tuh kalo tiba-tiba ngejauh dari gebetan yang udah kamu kasih harepan setinggi langit. itu tandanya kamu jahat. hehehehehe maaf dong engga nyindir kok :V
tapi, coba deh renungin, kamu-kamu yang pegi gitu aja setelah ngasih harepan: gimana perasaan dia yang kamu tinggalin itu? gimana hatinya yang udah kamu ajak terbang terus kamu jungkirin ke jalan yang baru diaspal. coba pikirin.. gimana sedihnya dia?:") coba kamu pikirin, apa dia nangis? apa dia sakit? apa senyum dia itu bener-bener senyum atau cuma biar keliatan bahagia? coba kamu renungin.. tanya yah hati kamu.. karena di-tinggalin-pegi-gitu-aja-in itu pait loh, seriously..:")))))

dan sekali lagi, seseorang yang mulai berubah itu sesungguhnya suatu proses.. proses dia belajar ngambil keputusan. emang kadang, bawaannya pengen nyumpahin jatoh dari atas fly over aja kalo ada orang yang tiba-tiba berubah sikapnya ke aku, tapi sekali lagi dan lagi..hargain berubahnya dia. ambil hikmahnya jangan ambil sedihnya. tapi, jujur ajayah, untuk ngambil hikmahnya itu susah banget:')


well......................................
mangkanya, jangan sia-siain perhatian atau kedekatan kita sama seseorang. sejelek, sebego, seidiot, seitem, seaneh -nya orang yang ngasih kamu perhatian dan deketin kamu, kalo kamu sia-siain dia juga bakal capek yakali dan ogah merhatiin kamu lagi. jadi, selagi masih ada yang ngasih kamu perhatian, walaupun kamu engga suka sama dia, dicoba untuk ngehargain dia yah dan jangan lupa untuk bilang 'makasih'. TAPI.. jangan manfaatin perhatian itu untuk bikin kamu ngerasa engga kesepian yah.. dan ngasih dia harapan kosong. kalo dia bikin kamu nyaman, ya kenapa engga diterusin? :) kalo kamu anggep dia cuma temen ya perlakuin dia sewajarnya temen biasa tanpa ngasih dia harepan. bersyukur masih ada yang merhatiin kamu, sebelum dia ngejauh dan pergi, nanti kamu pasti bakal ngerasa kangen dan kehilangan! :") kamu bakal coba cari-cari dia lagi, tapi dia udah engga seperhatian dulu. jangan sedih, semua orang kan pernah nyia-nyiain kesempatan. tinggal gimana cara kita belajar dari situ; jangan lagi nyia-nyiain kesempatan untuk orang-orang yang pantes buat kita hargain:)))))))))))))))

kalian-kalian yang udah berubah sikapnya ke aku:


DAN................................
untuk 1 orang disana..aku tau kamu tau ini buat kamu. hal terakhir:


hi, A... apa kabar? aku lagi nangis pas nulis ini, kalo aja kamu mau tau, tapi mungkin kamu engga mau tau dan ini engga penting buat kamu tau. ini tangisan aku yang kesekian kalinya karena kamu,tapi mungkin itu juga engga penting sih buat kamu..
aku? aku engga baik-baik aja kalo kamu tanya gimana perasaan aku sekarang.
aku masih jadi satu-satunya orang yang selalu pengen tau gimana kabar kamu. selalu mikirin kamu walaupun aku udah hampir engga pernah mau peduli lagi.

tapi, kalo kamu tanya aku sekarang gimana perasaan aku ke kamu, aku bakal jawab: masih sama kaya 9 bulan yang lalu. engga pernah berubah.
kamu? yang aku tau, kamu yang sekarang udah banyak banget berubah. kamu sekarang udah gaul hits abis hahahaha aku jadi minder deket sama kamu.
tapi bukan itu, beberapa minggu yang lalu kamu berubah. jadi jauh. berhenti peduli. dan engga mikirin aku lagi yakan? bahkan kamu udah engga pernah mau tau tentang aku.

kadang, aku selalu mikir apa kamu mikirin aku, setiap kali aku nanya itu, aku mikir lagi, aku liat hp lagi, engga ada satupun sms dari kamu yang masuk. kamu berhenti berusaha disaat yang sama saat aku berjuang mati-matian. kadang, aku ngerasa kamu engga adil. tapi, aku ngaca, aku emang bukan orang pantes buat kamu perjuangin. jadi, aku cuma bisa bersyukur setidaknya kamu pernah berjuang sebelum ini. makasih..


aku bersyukur juga, aku ketemu kamu..
pernah bikin aku bisa ngerasain rasanya semangat sekolah cuma untuk ngeliat kamu dari kamu senyum sampe kamu bete. mungkin kalo bukan kamu, rasanya bakal beda.
makasiyah..
aku bersyukur itu kamu, bukan orang lain:')

kamu tau? kenapa aku engga pernah nyerah sampe sekarang karena 1 bait tulisan kamu di binder aku. kayagini:
gw bukan mau ngasih harapan kosong doang ke lo. gw bukan cuma mau lo nungguin gw. ada hal yang gak lo ngerti dan gak bisa gw jelasin. tapi pasti nanti gw bakal minta lo untuk balik lagi ke gw.
setiap aku pengen nyerah, aku baca tulisan itu berulang-ulang sampe aku nangis berulang-ulang juga.
kamu tau? aku selalu percaya kata-kata itu. aku selalu percaya semua kata-kata kamu. aku selalu percaya kamu bakal balik lagi. tapi kenyataannya engga nunjukin 1 jalan pun yang bisa kamu lewatin untuk balik lagi. kamu di jalan yang bikin aku sama kamu jadi jauh. dan buat balik lagi ke aku itu kayanya engga mungkin.
sekarang, aku bahkan ragu kamu nulis itu cuma untuk bikin aku seneng sementara atau emang kamu bakal tepatin itu. aku ragu. sekarang, aku selalu ragu. aku takut berharap. aku takut mau terlalu berharap lagi dari kata-kata itu.

aku kangen kamu.
tapi sayangnya: kangen itu engga berbalas.

makasi.. pernah biarin nama aku ada di hati kamu walaupun engga lama. makasi banyak.. walaupun engga pernah cukup.

aku selalu engga bisa sehari aja engga tau kabar kamu. semoga aja kamu selalu baik-baik aja.
aku engga pernah bener-bener marah sama kamu.

kalo nanti aku udah engga ada lagi buat kamu, jangan tanya aku lagi dimana dan kemana.
dimana: coba kamu tanya hati kamu, aku masih ada disana atau engga? kalo engga, kamu tanya diri kamu sendiri kenapa aku bisa-bisa tiba hilang dari sana? aku engga tau, cuma kamu yang tau.
kemana: coba kamu tanya hati kamu lagi, kenapa aku bisa pergi?

ada satu hal yang bikin aku yakin kamu engga bakal balik lagi yang engga bisa aku tulis disini, aku sedih banget jujur aja. tapi aku emang bisa apa kalo emang kamu engga bisa balik ke aku?
aku bukan siapa-siapa.


tapi, semoga ke-bukan-siapa-siapa-an aku ini bikin kamu sadar kalo kadang orang yang bukan siapa-siapa itu malah lebih berarti.

dan..
maafin semua orang yang pernah bilang "udasih far, jangan sama dia.." atau "udasih far ngapain mikirin dia nangisin dia, emang dia mikirin lo? jomblo luuu!" atau "yaallah far, cuma dia doang lo sampe segininya?"

dan..
makasi sherly yang pernah bilang "sayang banget sama a... ya ra? iri liat perjuangan kamu, sampe segininya banget loh:')" yang bikin aku ngerasa perjuangan aku dihargain.

makasi buat kalian semua yang udah mau baca ini.

selamat malam jumat.


17 comments:

  1. we’re not good enough for them
    kita kurang baik kaliya untuk mereka, mangkanya mereka berubah dan ngejauh dari kita. kita pokoknya kurang deh. nyesek sebenernya kalo kita sadar kita dijauhin atau ada orang yang berubah sikapnya ke kita. tapi mau marah pun kayanya percuma, dan cuma bisa pasrah deh sama keadaan. karena, minta maaf aja engga bisa balikin mereka balik lagi kaya ‘dulu’ :’) <----- Itu yg gua alamin skrg :') *eh ngikut kebawa suansana

    ReplyDelete
  2. Wahh sama banget apa yang ak alami sekarang :'). keren

    ReplyDelete
  3. Terkadang, perubahan itu bisa membawa kebaikan. Tapi juga keburukan. Apalagi kalau perubahan itu terjadi di saat kita (memang) belum siap untuk menerima perubahan itu. Misalnya, gebetan yang tiba-tiba ngilang pas kita lagi deket-deketnya :")

    ReplyDelete
  4. Ketika dia berubah, tapi dia ga menyadari klo dia berubah..ketika kita tanya..kamu koq berubah..dia jawab : nggak koq..aku cuma lagi ada beberapa hal aja yang lagi dikerjain..maaf ya..!!! #dia pergi dengan chat terakhirnya di hp gw..dan mulai cuek ga kaya biasanya..perhatiannya hilang..jawab chat sesuka hatinya klo sempet..padahal gw disini khawatir klo dia ga kasih kabar..gw butuh penyemangat..tp klo dia berubah kaya gini..apalagi yang bisa gw lakuin..#maafcurhat

    ReplyDelete
  5. Hampir sama kayak yang gw rasain sekarang :')
    Dan bukan hanya 1, tapi 2 orang yang gw sayang. Sahabat dan orang yang bikin gw nyaman
    Sampe sekarang gw gatau kenapa, gw juga udah nanya sama diri sendiri ke temen2 juga, apa gw yang berubah? apa gw ada salah? tapi mereka bilang kalo doi dan sahabat gw yang berubah
    Mereka yang ngisi hari2 gw dari awal kuliah. gw ga tau harus ngapain, cuma bisa nunggu mereka berdua ngomong. Gw bukan ga mau nyoba nanya baik2 ke mereka, tapi itu udah gwe lakuin dan ga cuma sekali.
    Tapi, perubahan yang bikin gw nyesek itu "sahabat" Karena dia yang slalu ada buat gw

    ReplyDelete
  6. Sama apa yg gw rasain :-(
    Orang yang gw sayang sekarang mulai berubah seakan pengen ninggalin gw.

    Andai waktu bisa diputar. :-(

    ReplyDelete
  7. Aku jg sedih, aku difitnah teman2 hanya supaya sahabatku yg mrpkan cowok terpopuler di kampus, mau gabung lg dgn yg lainnya. Dan bodohnya dia percaya aja sm fitnah itu. Padahal kita sudah bbrp tahun ini dekat banget sampai dia agak menjauh dari yg lainnya (bukan aku yg suru menjauh tp dia sendiri yg mau) . Kini dia jd super populer dengan byk teman disampingnya. Tp kami malah jadi spt orang asing yg mau dia jauhi. Salah apa aku ? Fitnah itu tidak benar dan dia percaya... kemana pikirannya selama bbrp tahun yg lalu itu, kok seperti tidak mengenal siapa aku yang dulu tiap waktu selalu bersama ;( Aku cuma bisa berdoa semoga suatu hari dia tau siapa sahabat yg paling tulus buat dia...

    ReplyDelete
  8. Aku jg sedih, aku difitnah teman2 hanya supaya sahabatku yg mrpkan cowok terpopuler di kampus, mau gabung lg dgn yg lainnya. Dan bodohnya dia percaya aja sm fitnah itu. Padahal kita sudah bbrp tahun ini dekat banget sampai dia agak menjauh dari yg lainnya (bukan aku yg suru menjauh tp dia sendiri yg mau) . Kini dia jd super populer dengan byk teman disampingnya. Tp kami malah jadi spt orang asing yg mau dia jauhi. Salah apa aku ? Fitnah itu tidak benar dan dia percaya... kemana pikirannya selama bbrp tahun yg lalu itu, kok seperti tidak mengenal siapa aku yang dulu tiap waktu selalu bersama ;( Aku cuma bisa berdoa semoga suatu hari dia tau siapa sahabat yg paling tulus buat dia...

    ReplyDelete
  9. Utk menyelamatkan dari orang yg salah, kdg Allah mematahkan hati kita dari pengharapan kpd tuh org demi kebaikan kita sendiri guys...
    Aq jg knds kyk gini... tp yaudahlah ikhlasin aja tnpa hrs membenci nya... waktu telah menjawab org itu lah yg tidak berkualias di hidup kita, bukan sebaliknya.

    ReplyDelete
  10. Ceritany mirip sama yg pernah kualami ,jadi sedih nih :'(

    ReplyDelete
  11. Aku juga lagi ngerasain orang yg selama ini care, bikin hidupku berwarna tiba2 cuek sm aku. Papasan ky orang yg gak kenal. Padahal dlu klo ketemu dya pasti ngisengin aku ati tanya apa kek ke aku. Tapi ini lagi bnr2 cuek n dingin. Aku udh deketin dya, tp respon'a gak anggel aku ada. Terakhir chat sih biasa aja, tp ky aku yg mancing pembicaraan. Pdhl dlu dya gak ky gini.
    Aku bingung mw gmn bersikap ke dya?
    Serba salah .
    Aku capek dng sikap dingin n cueknya dya. Tapi aku sadar aku bukan siapa2 yg berhak buat protes.
    Kaya ngerasa ada yg hilang dr hidupku, bahkan ketika ada orng lain bercandaan sm aku rasanya beda.
    Aku kangen km yg dlu.
    #psikologikesasar #bigboss

    ReplyDelete
  12. ceritanya sama apa yang aku rasain sekarang .... jadi bapeeeer

    ReplyDelete
  13. Aku juga lagi ngalamin ini. Tiba-tiba 4 orang sekaligus berubah dalam kehidupan aku dalam rentang waktu 6 bulan ini. Pertama, orang yang aku bela2in nganter..ngejemput dia.. curhat ttg apapun, eh dia ninggalin aku demi ngejar prestasi di kampusnya. Kedua, mantan. Entahlah, seharusnya apakah mantan ini memang harus jadi musuh? Enggak kan? Apalagi putusnya cuma karena hal sepele. Ketiga, mantan sahabat yang sekarang jadian sama mantan sendiri. Sampe skrg masih nggak habis pikir, kenapa sih bisa gini? Orang-orang yang kita bela2in banget malah pergi ninggalin kita. Demi orang yang baru dia kenal dan demi cinta. Ya, emang sih cinta itu buta, tapi kenapa sih jadi gini -.- masih ga habis pikir.

    Nah.. ini.. ini yang bikin galau abis.
    Gebetan.
    Jadi, 3 hari setelah putus, mantan aku udah deket sama mantan sahabat aku ini. Yaudahlah, sepet. Terus 2 minggu setelah kegalauanku, tiba-tiba muncullah seseorang yang mewarnai hariku, sesaat. Mari kita panggil dia pelangi. Yang muncul hanya sesaat, tapi hilang waktu udah bosen.

    Jadi, gebetan aku ini perhatian banget, aku ngerasa seneng banget ada dia di hidup aku. Kayak dia bisa nutupin rasa sakit di hati aku yang kelam ini. Akhirnya setelah sebulan deket, dia bilang kalo dia nyaman sama aku dan masih butuh waktu buat memantapkan hati kita masing2. Bodohnya, aku percaya. Jadi aku bales perasaan dia, kita mulai saling merhatiin satu sama lain. Yaudah ngalir aja gitu. Eh ini udah 2 bulan deket.. dan dia semakin berubah.... dan skrg kita udah nggak chat-an lagi.... terimakasih buat 2,5 bulannya ya :) terimakasih udah digantungin.. udah dibawa terbang terus dijerumuskan gitu aja.. aku masih disini kok kalo kamu butuh temen curhat :') makasih

    maaf ya temen2 jadi curhat :D
    sekalian biar lega ini hahaha

    "Jangan khawatir, Tuhan akan selalu memperhitungkan air mata kita. Percaya akan ada hal yang lebih baik setelah ini. Yang perlu kita lakukan adalah jangan berlama2 terjelembab dalam lembah kegalauan. Harus bangkit! Dan mulai keluar dari zona nyaman."
    God bless you!

    ReplyDelete
  14. http://beritataipanqqinfo.blogspot.sg/2017/11/usung-bodi-ala-iphone-x-inikah-iphone.html
    http://beritataipanqqinfo.blogspot.sg/2017/11/smalling-lini-depan-mu-mengerikan.html
    http://beritataipanqqinfo.blogspot.sg/2017/11/menolak-mengungsi-walau-dihujani-abu.html


    TAIPANQQ .INFO | TAIPANQQ .ORG
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • Whatsapp: +62 813 8217 0873
    • BBM : D60E4A61
    • BBM : 2B3D83BE

    ReplyDelete
  15. Yang paling bikin sakit itu pas dia ada masalah dan dia ngelampiasin itu ke gue. Ditanya "kamu kenapa?" Jawabnya "gapapa", "kamu kok berubah?" Jawabnya "aku ga berubah kok" tapi sifatnya cuek banget ga kayak biasanya. Pas akhirnya gue ngambek karna terlalu capek dicuekin dia baru bilang kalo ada yang dipikirin terus minta maaf. Tapi besoknya dia tetep cuek sampe sekarang, perhatiannya ilang dan gue ga bisa protes karna chat gue dia bales pun untung"an, bodoh ya.

    ReplyDelete
  16. Dear cowok, jangan karna kamu ngerasa disukai banget sama cewek kamu bisa jadi bersikap seenaknya. Jangan sampe punya pikiran "ah dia kan suka banget sama gue, gue perlakuin dia sesuka hati dia juga bakalan tetep suka" kami tidak sekuat itu, yang gigih berjuangpun jika tidak dihargai lama-lama akan sadar diri dan pelan-pelan berhenti berjuang.

    ReplyDelete

 

/ˈfeəriˌteɪl/ Template by Ipietoon Cute Blog Design